Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Admin

KERJA LEBIH CEPAT DENGAN SHORTCUT

Bekerja dengan mesin pencari (browser) sudah menjadi kebiasaan bagi kita, terutama para pengguna gadged, laptop atau bahkan komputer. Mesin pencari tersebut berguna layaknya gudang ilmu pengetahuan, dan melakukan proses tertentu dalam mencari dan menampilkan apa yang kita inginkan berdasarkan kalimat yang kita berikan padanya. Beberapa jenis pekerjaan tertentu juga sangat terbantu dengan adanya mesin pencari yang bekerja super cepat dalam memfilter hasil yang benar-benar kita cari.

Meskipun keberadaannya sudah sangat membantu pekerjaan manusia, ternyata browser yang kita gunakan sehari-hari seperti Chrome, Mozilla, atau mungkin Duck Duck Go memiliki fitur umum yang bisa digunakan selama kita menggunakan browser tersebut. Secara spesifik, fitur tersebut disebut dengan shortcut (pintasan). Sesuai nama dan artinya, fitur ini membuat kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih cepat seperti melalui jalan pintas. Secara umum, cara ini akan sangat berguna bila anda melakukan pencarian dengan menggunakan komputer atau laptop, karena cara yang akan disajikan merupakan kombinasi fitur dengan ketersediaan keyboard.

Sadar atau tidak, memindahkan tangan dari keyboard ke mouse adalah hal yang boros waktu. Hitung saja lama waktu yang diperlukan adalah 1 detik, kemudian anda mengarahkan cursor ke fitur atau tombol yang anda inginkan, sehingga anda menghabiskan waktu 4 detik. Secara total, 5 detik waktu anda yang berharga telah terbuang. Jumlah ini cukup kecil, namun bila anda selalu berkutat dengan komputer atau laptop, maka jumlah waktu yang anda habiskan akan menjadi sangat besar. Contoh kecil dari pemicu pemborosan waktu tersebut saat melakukan pencarian di mesin pencari adalah membuka tab baru, mengetikkan link di kolom pencarian, mengisi formulir, atau menutup tab.

Dengan menggunakan mouse, anda dapat melakukan semua itu, namun seperti yang sudah dipaparkan di atas, waktu yang terbuang menjadi sangat besar. Keempat proses yang disebutkan di atas adalah hal yang paling rutin anda lakukan, lalu adakah caranya untuk mempercepat kerja anda? Tentu jawabannya ada! Berikut adalah tips beberapa shortcut yang sangat berguna saat anda melakukan browsing hampir di semua browser yang tersedia.

1. Ctrl + T

Kombinasi keyboard ini akan membantu anda dalam membuka tab baru. Dengan melakukannya, anda telah menghemat 5 detik waktu yang berharga hanya untuk meraih mouse dan menekan tanda + yang ada di tab browser.

2. Ctrl + L

Dengan menekan tombol tersebut bersamaan, anda dapat langsung mengetikan link, atau kata kunci yang ingin anda cari. Sehingga tangan anda tidak perlu berpindah ke mouse lagi hanya untuk mengetikan kalimat atau kata kunci yang ingin anda cari.

3. Tab

Siapa menyangka tombol ini sangat berguna dalam melakukan navigasi? Tab dapat anda gunakan untuk mengisi formulir. Anda tidak perlu lagi melakukan click pada kolom formulir hanya untuk mengisi data yang diminta. Setiap elemen formulir bisa anda pilih dengan tab, atau bila ada elemen yang terlewat, anda hanya perlu menekannya bersamaan dengan shift untuk kembali ke elemen sebelumnya.

4. Ctrl + Tab

Tab juga bisa digabung dengan Ctrl. Gunanya adalah untuk melakukan navigasi antar tab browser yang anda buka. Dengan melakukannya, browser akan menampilkan seluruh tab yang anda buka, beserta judul websitenya. Anda bisa langsung menuju tab paling belakang dengan menambah shift di kombinasi tombol tersebut.

5. Ctrl + W

Kombinasi tombol ini akan melakukan closing, atau menutup tab browser yang sedang anda buka. Tombol ini harus anda gunakan dengan hati-hati, karena bila anda menggunakannya secara tidak sengaja, informasi, data dan pekerjaan yang sedang anda lakukan di tab browser tersebut bisa langsung hilang. Meskipun begitu, tombol ini sangat berguna untuk membuat pekerjaan anda menjadi lebih singkat.

Itulah beberapa kombinasi tombol atau shortcut yang bisa anda gunakan dalam pekerjaan anda, terutama saat melakukan browsing. Sesungguhnya terdapat banyak sekali shortcut yang tersedia, namun di atas adalah 5 shortcut yang paling banyak digunakan di semua kalangan pengguna browser. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke orang yang membutuhkan ya!