Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Admin

Desain Grafis

Dalam dunia digital tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya desain grafis. Desain grafis adalah suatu bentuk dari media komunikasi visual dengan bentuk gambar yang di gunakan untuk menyampaikan berbagai informasi atau pesan melalui suatu karya seni rupa dengan cara yang efektif.

Arti kata desain adalah metode perancangan estetika yang dibuat atas dasar dari kreativitas yang dimiliki oleh tiap-tiap orang. Desain yang digunakan terdapat banyak jenis hasil karyanya misalnya seperti desain logo, foto, gambar dan lain sebagainya. Berdasarkan dari pemaparan diatas mengenai desain grafis dapat kita simpulkan bahwa pengertian secara keseluruhan desain grafis merupakan ilmu yang sangat mengandalkan ide atau daya kreativitas tiap orang untuk dapat menciptakan suatu rancangan gambar dimana tujuan akhirnya melalaui percetakan.

 

Jenis-Jenis Desain Grafis

Setelah kita tau apa itu desain grafis, selanjutnya jenis-jenis desain grafis. Terdapat beberapa jenis desain grafis yang sering digunakan. Jenis-jenis desain grafis akan dijelaskan di bawah ini seperti berikut.

 

Desain Grafis 2 Dimensi (2D)

Desain grafir 2 dimensi (2D) adalah desain yang hanya terdiri dari panjang dan lebar, namun tidak memiliki tinggi dengan kata lain dua dimensi tidak memiliki unsur ruang sehingga desain grafis yang satu ini terlihat datar atau flat. karya yang bisa dihasilkan dari desain grafis dua dimensi yanitu:

Web Desain

Web design atau desain secara virtual ini biasanya diterapkan pada media digital seperti website. Secara tidak langsung, website desain ini termasuk istilah yang digunakan dalam pembuatan desain. Mampu memberikan kenyamanan tambahan bagi pengunjung dan pembaca website. Tugas dari seorang web desain dalam desain grafis 2 dimensi yaitu membuat tampilan termasuk dengan ikon yang ada di dalam website tersebut.
Aplikasi yang biasa digunakan oleh seorang Web designer untuk dapat mengolah atau membuat web desain antara lain seperti:

    • Corel Draw
    • Adobe Photoshop
    • Adobe Dreamweaver
    • Adobe XD

 

Editor

Editor merupakan jenis desain yang biasa digunakan untuk pembuatan cover, banner, sampul dan lain sebagainya. Untuk dapat membuat desain yang satu ini, biasanya para editor mengerjakan tugasnya dengan menggunakan aplikasi atau software pengolah vektor, misalnya seperti:

    • Corel draw
    • Adobe Illustrator
    • Photoshop

 

Fotografer

Adalah fotografer yang termasuk ke dalam desain grafis 2 dimensi. Membahas mengenai fotografer tidak selamanya berhubungan dengan seseorang yang hobi memfoto akan tetapi editor foto juga termasuk ke dalam jenis desain grafis 2 dimensi. Dikarenakan hasil dari karya tersebut berbentuk 2 dimensi. Aplikasi yang biasa di gunakan

    • Adobe Photoshop

 

Desain Grafis 3 Dimensi (3D)

Desain grafis 3 dimensi (3D) adalah suatu perkembangan yang awal mulanya dari desain 2 dimensi. Secara umum pengertian dari desain grafis 3 dimensi adalah suatu kumpulan gambar, garis, permainan yang sebagian mempunyai titik-titik yang bertujuan untuk dapat menjadi suatu bentuk tiga dimensi. Bidang yang satu ini menghasilkan karya yang tak kalah realistis jika dibandingkan dengan dua dimensi. Desain grafis tiga dimensi terdiri dari beberapa bidang diantaranya yaitu:


Visualisator

Visualisator adalah Desainer khusus untuk membuat gerakan atau memberikan gambaran sebuah karya dalam bentuk real dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk. Aplikasi yang sering di gunakan yaitu:

    • 3d Max
    • Autocad
    • Swift 3d
    • Digital Clay


Animator

Animator adalah seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video game, dan Internet.

    • Adobe Flash
    • 3D Maya
    • After Effect

 

Demikian itu yang dapat indotechpren sampaikan tentang desain grafis. berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa terdapat berbagai macam jenis desain grafis dan karya dan yang dihasilkan pun beraneka ragam bentuknya. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon dimaafkan.